KPKAD Dukung Krimsus Polda Lampung tetapkan tersangka baru dalam OTT Inspektorat – Jarrak POS
Connect with us

KPKAD Dukung Krimsus Polda Lampung tetapkan tersangka baru dalam OTT Inspektorat

Published

on

Lampung, JARRAKPOSJAMBI.COM –Koordinator Presidium KPKAD Provinsi Lampung, Gindha Ansori Wayka, SH., MH. mendukung Pihak kepolisian menetapkan tersangka baru dalam peristiwa operasi tangkap tangan (OTT) selain dua oknum ASN dari Inspektorat Provinsi Lampung inisial (ED dan MM) yang dilakukan oleh Direktorat Kriminal Khusus Kepolisian Daerah (Krimsus Polda) beberapa waktu lalu.

Advocat muda ini menilai, Proses penegakan hukumnya sepertinya diduga hanya mengarah pada kedua pelaku yang saat ini sedang ditangguhkan tahanannya oleh Kepolisian Daerah Lampung,  upaya OTT ini diduga tidak diikuti dengan menetapkan atasan dari Oknum Inspektorat Provinsi Lampung dan Oknum yang menyerahkan uang dari Dinas Perindustrian Provinsi Lampung.

“Perkara OTT ini menjadi menarik tatkala diduga belum ada pengembangan kepada nama pelaku lainnya sebagaimana yang disebutkan oleh dua oknum yang sudah menjadi tersangka di dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang dalam waktu dekat ini akan dinyatakan lengkap  (P21) oleh Jaksa Penuntut Umum.” ujar Ansori, Senin (9/12/2019).

Peristiwa OTT ini terjadi terkait hasil pemeriksaan dari Inspektorat Provinsi Lampung yang memeriksa penggunaan anggaran di Dinas Perindustrian Provinsi Lampung yang diduga ada temuan signifikan. Atas hasil temuan tersebut,  Dinas Perindustrian Provinsi Lampung memperbaiki dan melengkapi apa yang menjadi petunjuk dari Inspektorat. Idealnya OTT ini tidak akan terjadi apabila Dinas Perindustrian Provinsi Lampung menyampaikan hasil perbaikan apa adanya sesuai dengan petunjuk dari pemeriksa dan pemeriksa juga tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan kewajibannya.

Menurut informasi yang dihimpun,  peristiwa penyerahan uang dalam OTT ini bersamaan dengan penyerahan berkas perbaikan laporan oleh Dinas Perindustrian Provinsi Lampung dalam rangka melengkapi apa yang menjadi petunjuk dari pemeriksa. Dengan demikian,  jika hal ini  dilakukan secara bersamaan maka tidak dibenarkan jika struktur hukum (penegak hukum)  hanya menetapkan penerima saja sebagai tersangka tanpa memberikan posisi yang sama dengan oknum ASN Dinas Perindustrian Provinsi Lampung sebagai pemberi karena masuk dalam rumusan perbuatan Tindak Pidana Gratifikasi.

Dengan rumusan perbuatan sebagaimana yang dipapar di atas diduga masuk dalam rumusan ketentuan Pasal 5 jo. Pasal 12 huruf (a) dan huruf (b) UU No. 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) dimana pemberi dan penerima harus dijadikan tersangka karena para pelaku diduga telah melakukan perbuatan yang bertentangan dengan kewajibannya sebagai ASN dalam pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Berkaitan dengan hal ini tentunya sebagai lembaga yang concern terhadap penggunaan anggaran dan penegakan hukum,  Komite Pemantau Kebijakan dan Anggaran Daerah (KPKAD)  Lampung mendukung Krimsus Polda Lampung untuk mengungkap persoalan ini hingga tuntas dengan menetapkan oknum lain yang diduga terlibat sebagai tersangka baru, baik atasan dari kedua tersangka Inspektorat Provinsi Lampung maupun oknum pemberi suap yang berasal dari Oknum Dinas Perindustrian Provinsi Lampung sebagaimana yang ada di dalam BAP kedua tersangka,  karena tindak pidana ini diduga ada peristiwa yang melatar belakangi terlebih dahulu dan tentunya ada pihak-pihak yang menjadi bagian dari skenario sehingga terjadilah OTT ini.

Dukungan ini tentunya bukan sebagai sebuah intervensi hukum mengingat ada peran serta masyarakat dalam pemberantasan tindak pidana korupsi,  selain itu langkah ini merupakan dalam rangka mengawal penegakan asas hukum ‘equality before the Law’ dimana masyarakat memiliki hak yang sama di hadapan hukum. (Jpj)

EDITOR : Seno Aji

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanamkan Soliditas dan Loyalitas, AMPG Lampung Gelar Family Gathering 2020

Published

on

By

LAMPUNG, WWW.JARRAKPOSJAMBI.com || Pimpinan Daerah (PD) Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Lampung, menggelar Family Gathering (Famgath) dan Outbound di Grand Elty Krakatoa, Kalianda Kabupaten Lampung Selatan, Minggu (2/8/2020).

Kegiatan diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ke-75 Tahun bertepatan pada tanggal 17 Agustus 2020 dengan tema, ” dalam Kerangka kebersamaan dan memperkokoh silaturahmi menuju AMPG yang kuat, tangguh serta solid” yang diikuti sekitar 150-an pengurus PD AMPG Provinsi Lampung dengan mengenakan seragam lengkap.

Foto ; Rec.dok

Hadir dalam kesempatan tersebut ketua PD AMPG Provinsi Lampung H. Aprozi Alam, SE, MM, turut mendampingi jajaran wakil ketua PD AMPG Lampung diantaranya Dr. H. Frans Agung Mula Putra, Diana Wulandari, Eka Fitriyanti, SE, Decki Apriyadi, M.Fadil, S.Kom, Reri Pambudi, Bendahara AMPG Rama Apriditya Alie, SH, MH, dan pengurus AMPG lainnya.

Dalam laporannya, ketua panitia pelaksana Decky Apriyadi mengatakan, kegiatan Famgath diselenggarakan selain menyambut HUT kemerdekaan NKRI ke-75 tahun, untuk mempererat ikatan silaturahmi antar pengurus dan menanamkan jiwa soliditas, loyalitas dan kebersamaan.

“Famgath dan outbound AMPG Lampung 2020 diselenggarakan untuk menyongsong 17 Agustus 2020 yang diperingati sebagai hari kemerdekaan Indonesia, dan juga mempererat silaturahmi sesama pengurus PD AMPG Provinsi Lampung, harapannya AMPG sebagai organisasi dapat menjadi alat pemersatu dan alat mencapai tujuan bersama, sehingga program kerja AMPG Lampung kedepan dapat ditunaikan secara bergotong royong”, kata Decky.

Foto ; Rec.dok

Selain itu Decky juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua AMPG Lampung yang telah memberikan kepercayaan dan membantu berjalannya acara Famgath.

“Suksesnya acara Famgath dan outbound ini tentunya tidak terlepas dari dukungan ketua AMPG Lampung yakni H. Aprozi Alam, SE,MM, selain itu panitia pelaksana yang sudah bahu-membahu mempersiapkan acara, atas nama panitia saya ucapkan terimakasih”, ungkap Decky.

Sementara dalam sambutannya ketua PD AMPG Lampung H. Aprozi Alam menekankan bahwa dengan terlaksananya acara Famgath tersebut akan dapat memupuk jiwa nasionalis dan kebangsaan kader-kader muda Partai Golkar, sehingga siap berjuang ditengah-tengah masyarakat demi kepentingan Bangsa dan Negara.

“AMPG sebagai organisasi sayap partai Golkar harus mampu mencetak kader-kader muda Partai Golkar yang memiliki semangat juang, Nasionalis dan Kebangsaan yang tinggi, sehingga selalu siap berjuang ditengah-tengah masyarakat demi cita-cita luhur Bangsa dan Negara yaitu mencerdaskan, memakmurkan dan mensejahterakan kehidupan masyarakat Indonesia. selain itu mampu membangun solidaritas, kesiapan dan kebersamaan seluruh pengurus dan anggota dalam menjalankan tugasnya demi mengabdi bagi kepentingan orgnasisi, karena AMPG merupakan sayap Partai Golkar tentunya AMPG sebagai garda terdepan pembela Partai Golkar”, tandas Aprozi Alam.

Aprozi Alam yang juga Wakil Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga DPD Partai Golkar Lampung, menyampaikan ucapan terimakasih dan bangga terhadap segenap jajaran dewan Pembina AMPG Lampung yaitu Ir. H. Arinal Djunaidi sebagai ketua DPD Partai Golkar Provinsi Lampung, H. Ismet Roni, SH, MH sebagai Sekretaris DPD Partai Golkar Provinsi Lampung, H. Supriadi Hamzah, SH, H.Tony Eka Candra, Drs. I Made Bagiasa dan H. Abi Hasan Muan, SH, MH, serta jajaran Dewan Pertimbangan AMPG Lampung yang telah melakukan pembinaan kepada segenap Pengurus AMPG Lampung.

“Pengurus AMPG Lampung merupakan kader muda dengan berbagai latar belakang dan asal usul, baik profesi, usia, suku maupun agama menjadi potensi kekuatan yang besar apabila diarahkan untuk melakukan pencapaian bersama secara positif, karena organisasi sebagai alat pemersatu dan alat mencapai tujuan bersama. Kemudian dalam menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020, AMPG akan selalu siap mengawal dan mengamankan kebijakan-kebijakan Partai Golkar, demi suksesnya Partai Golkar berjuang untuk kepentingan Masyarakat, Bangsa dan Negara”, tutup Aprozi.

Foto ; Rec.dok

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam rangka upaya mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) acara Famgath dan Outbound AMPG Lampung 2020 berjalan sederhana namun meriah dengan berbagai perlombaan dan hadiah berupa doorprize diantaranya lomba balap karung, lomba memasukan paku ke botol, lomba joget mengenakan balon, lomba futsal mengenakan daster, lomba kano dan lomba lainnya.

Redaksi-Seno

Continue Reading

AMPG Lampung Besok Akan Buka Acara Famgath dan Outbound di Grand Elty Krakatoa Kalianda

Published

on

By

LAMPUNG, WWW.JARRAKPOSJAMBI.com || Pimpinan Daerah (PD) I Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Provinsi Lampung yang merupakan sayap dari Partai Golkar menjadi unsur terdepan sebagai tempat proses kader-kader muda Partai Golkar yang diketuai oleh H. Aprozi Alam, SE, MM, terus melakukan agenda dan aktivitas organisasinya usai sukses mengawal sejumlah agenda Musda di Partai Golkar Kabupaten/Kota se-Lampung.

Kali ini PD I AMPG Provinsi Lampung akan menyelenggarakan family Gathering (Famgath) dan outbound AMPG Provinsi Lampung 2020 yang dipusatkan di Grand Elty Krakatoa, Kalianda, Lampung Selatan tepatnya Hari Minggu (besok), 2 Agustus 2020.

Kegiatan Famgath dan outbound AMPG Provinsi Lampung 2020 tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ke-75 Tahun bertepatan pada tanggal 17 Agustus 2020. Sebanyak 150 pengurus PD I AMPG Provinsi Lampung akan turut serta dalam acara tersebut dengan mengenakan seragam lengkap.

Foto ; suasana di Grand Elty Krakatoa Kalianda, Lampung Selatan

Menurut ketua panitia pelaksana Decky, acara tersebut selain dalam rangka menyambut 17 Agustus 2020 yang diperingati sebagai hari kemerdekaan NKRI, tentunya untuk mempererat ikatan silaturahmi antar pengurus dan menanamkan jiwa soliditas, loyalitas, kesiapan dan kebersamaan seluruh pengurus dan anggota dalam menjalankan tugasnya untuk dapat mengabdi bagi kepentingan bersama.

“Famgath dan outbound AMPG Lampung 2020 ini diselenggarakan untuk menyongsong 17 Agustus 2020 yang diperingati sebagai hari Kemerdekaan Indonesia, dan juga mempererat silaturahmi sesama pengurus PD I AMPG Provinsi Lampung, harapannya AMPG sebagai organisasi dapat menjadi alat pemersatu dan alat untuk mencapai tujuan bersama, tentunya membutuhkan soliditas, loyalitas, kesiapan dan kebersamaan seluruh pengurus dan anggota dalam menjalankan tugasnya untuk dapat mengabdi bagi kepentingan bersama, sehingga anggota AMPG mewarisi jiwa, semangat, nilai dan cita-cita Partai Golkar”, kata Decky, Sabtu (1/8/2020).

Foto ; ilustrasi di Grand ELTY Krakatoa Kalianda, Lampung Selatan

Acara Famgath dan outbound AMPG Provinsi Lampung 2020 yang rencananya akan dibuka langsung oleh ketua PD I AMPG Provinsi Lampung H. Aprozi Alam, SE, MM, juga akan dimeriahkan sejumlah perlombaan dan hadiah Doorprize diantaranya lomba balap karung, lomba memasukan paku ke botol, lomba joget mengenakan balon, lomba futsal mengenakan daster, lomba kano dan masih banyak lomba lainnya.

Sementara dalam rangka upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) panitia pelaksana Famgath dan Outbound AMPG Lampung 2020 akan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan jalannya acara tersebut.

Redaksi-Seno

Continue Reading

Hari Raya Idul Adha, Andi Surya Qurban 3 Ekor Sapi

Published

on

By

BANDAR LAMPUNG, WWW.JARRAKPOSJAMBI.COM |Ketua Yayasan UMITRA dan Sekolah Global Surya, Andi Surya, dalam perayaan Idul Adha kali ini menyerahkan hewan Qurban sejumlah tiga ekor, demikian disebutkan Agus Setiyo, Humas UMITRA dan GS.

“Tahun ini beliau, Pak Andi Surya berkurban 3 ekor sapi, yaitu satu di Kampus UMITRA, satu di Masjid Nurul Huda Langkapura, dan lainnya di Kota Metro. Khusus yang di Metro pemotongan Sapi Kurban tetap di UMITRA namun setelah dipotong dagingnya disebar di Kota Metro”, demikian penjelasan Agus Setiyo.

Foto ; Rec.dok

Dalam kesempatan yang sama, Andi Surya menyatakan: “Rata-rata setiap tahun keluarga kami memotong tiga ekor sapi kurban, ini merupakan kebiasaan pelaksanaan ibadah keluarga yang merupakan perintah Allah SWT dan menauladani keikhlasan Nabi Ibrahim, daging kurban akan dibagikan kepada tetangga dan yang membutuhkan”, Sebut Bakal Calon Walikota Metro ini.

“Mohon doa kita semua, dalam suasana Covid19 ini acara pemotongan hewan Qurban khususnya di UMITRA, di Kota Metro dan di kediaman kami berlangsung lancar”, tutup mantan Anggota DPRD Lampung dan DPD RI ini sambil tersenyum.

Redaksi-Seno

Continue Reading

Trending