BeritaNasional

LAPAS BISA JADI KUBURAN MASAL AKIBAT CORONA

JAKARTA, JARRAKPOSJAMBI.COM | Sejumlah kalangan kembali meminta Wakil Rakyat di Senayan untuk segera mengesahkan Rancangan Undang-undang (RUU) Pemasyarakatan menjadi Undang-undang (UU). Pasalnya, di tengah mewabahnya covid-19, bukan tidak mungkin penjara yang kelebihan penghuni akan menjadi kuburan massal bagi para narapidana.

Desakan itu harus segera diambil mengingat jumlah penghuni Lembaga Pemasyarakatan (lapas) maupun Rumah Tahanan (Rutan), semakin tak terbendung. Salah satu contoh, di Rutan Cipinang yang seharusnya hanya dihuni 1000 orang, saat ini mencapai 4.000 orang. Akibatnya, instruksi Pemerintah untuk tak membuat kerumunan pastinya tak bisa dilakukan karena sesaknya orang.

Dengan banyaknya penghuni dan virus Corona yang semakin mewabah, bukan tidak mungkin virus yang menakutkan itu jika masuk kedalamnya, akan membuat panik penghuni yang ada. Bahkan, bila tak segera ditangani, tempat itu akan menjadi kuburan massal bila ada satu narapidana yang terjangkit covid 19.

Pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah yang meminta anggota DPR untuk segera bertindak. Gerak cepat dengan mengesahkan UU dinilai bisa menyelamatkan ribuan narapidana yang ada didalam lapas dan rutan. “Dengan disahkannya UU pastinya akan mengurangi over kapasitas yang selama ini terjadi,” katanya.

Pengesahan UU itu, kata Trubus, pastinya bisa mengurangi narapidana yang ada didalam lapas dan rutan. Pasalnya, remisi yang sebelumnya tidak boleh diberikan ke narapidana narkotika, bisa dirasakan dan mereka mendapatkan haknya sebagai napi. “Dan bila dikaitkan dengan kondisi saat ini, pemberian remisi bisa mengurangi over kapasitas yang terjadi hampir diseluruh lapas dan rutan di Indonesia,” ujarnya. /Jrkposjmbi

Editor ; Seno

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close