Buronan KPK Eks Sekretaris MA Tertangkap – Jarrak POS
Connect with us

Berita

Buronan KPK Eks Sekretaris MA Tertangkap

Published

on

JAKARTA, WWW.JARRAKPOSJAMBI.COM |Komisi Pemberantasan Korupsi menangkap tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi di Mahkamah Agung (MA), Nurhadi, pada Senin (1/6) malam di Jakarta Selatan, setelah menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak pertengahan Februari 2020.

Dimana Nurhadi, mantan Sekretaris MA yang telah ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak 13 Februari 2020, ditangkap pada Senin malam bersama menantunya Rezky Herbiyono.

“Apresiasi dan penghargaan kepada rekan-rekan penyidik dan unit terkait lainnya yang terus bekerja,” kata Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango melalui pesan singkat di Jakarta, Senin tengah malam.

Perlu diketahui bahwa penangkapan tersebut, kata Nawawi, sekaligus membuktikan KPK terus bekerja dalam menangani kasus dugaan korupsi di Indonesia.

“Untuk selebihnya akan diumumkan besok (Selasa, 2/6),” katanya.

Dimana KPK telah menetapkan Nurhadi bersama Rezky Herbiyono (RHE), menantunya dan Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (MIT) Hiendra Soenjoto (HS) sebagai tersangka pada 16 Desember 2019.

Nurhadi dan Rezky ditetapkan sebagai tersangka penerima suap dan gratifikasi senilai Rp46 miliar terkait pengurusan sejumlah perkara di MA sedangkan Hiendra ditetapkan sebagai tersangka pemberi suap.

Penerimaan tersebut terkait pertama, perkara perdata PT MIT melawan PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) (Persero) pada 2010.

Pada awal 2015, tersangka Rezky menerima 9 lembar cek atas nama PT MIT dari tersangka Hiendra untuk mengurus perkara Peninjauan Kembali (PK) atas putusan Kasasi No: 2570 K/Pdt/2012 antara PT MIT dan PT KBN (Persero) dan dalam proses hukum dan pelaksanaan eksekusi lahan PT MIT di lokasi milik PT KBN oleh PN Jakarta Utara agar dapat ditangguhkan.

Untuk membiayai pengurusan perkara tersebut tersangka Rezky menjaminkan 8 lembar cek dari PT MIT dan 3 lembar cek milik Rezky untuk mendapatkan uang dengan nilai Rp14 miliar.

Namun, kemudian PT MIT kalah dan karena pengurusan perkara tersebut gagal maka tersangka Hiendra meminta kembali 9 lembar cek yang pernah diberikan tersebut.

Selanjutnya dimana perkara kedua adalah pengurusan perkara perdata sengketa saham di PT MIT.

Yaitu pada 2015 Hiendra digugat atas kepemilikan saham PT MIT. Perkara perdata ini dimenangkan oleh Hiendra mulai dari tingkat pertama dan banding di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta pada Januari 2016.

Pada periode Juli 2015-Januari 2016 atau ketika perkara gugatan perdata antara Hiendra dan Azhar Umar sedang disidangkan di PN Jakarta Pusat dan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, diduga terdapat pemberian uang dari tersangka Hiendra kepada Nurhadi melalui tersangka Rezky sejumlah total Rp33,1 miliar.

Transaksi tersebut dilakukan dalam 45 kali transaksi. Pemecahan transaksi tersebut diduga sengaja dilakukan agar tidak mencurigakan karena nilai transaksi yang begitu besar. Beberapa kali transaksi juga dilakukan melalui rekening staf Rezky.

Dengan adanya tujuan pemberian tersebut adalah untuk memenangkan Hiendra dalam perkara perdata terkait kepemilikan saham PT MIT.

Sedangkan perkara ketiga adalah penerimaan gratifikasi terkait dengan perkara di pengadilan.

Dimana tersangka Nurhadi melalui Rezky dalam rentang Oktober 2014-Agustus 2016 juga diduga menerima sejumlah uang dengan total sekitar Rp12,9 miliar terkait dengan penanganan perkara sengketa tanah di tingkat kasasi dan PK di MA dan permohonan perwalian.

Penerimaan-penerimaan tersebut, tidak pernah dilaporkan oleh Nurhadi kepada KPK dalam jangka waktu 30 hari kerja terhitung sejak tanggal penerimaan gratifikasi. /Red-jarrakposjambi

Editor ; SA

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

Golkar Bandar Lampung Segera Gelar Musda

Published

on

By

BANDAR LAMPUNG, WWW.JARRAKPOSJAMBI.COM | Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Kota Bandar Lampung akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke-10. Kegiatan Musda dengan agenda utama Pemilihan Ketua, akan digelar yang menurut rencana akan digelar, Rabu 15 Juli 2020.

Pelaksanaan Musda Partai Golkar Bandarlampung ditetapkan dalam rapat pleno diperluas, Sabtu (4/7/2020). Rapat pleno diperluas dipimpin oleh Ketua DPD Partai Golkar Bandarlampung Yuhadi, dihadiri Sekretaris Ali Wardana, Ketua Harian Sabnu Ali, anggota Fraksi Golkar, Ketua PK, para wakil ketua dan pengurus harian, organisasi sayap. Selain itu, hadir Wakil Ketua DPD Partai Golkar Lampung H. Rycko Menoza, SZP.

Ketua Golkar Bandarlampung Yuhadi mengatakan, rapat pleno diperluas sesuai instruksi DPP Partai Golkar menjelang Pilkada Desember 2020. Rapat pleno diperluas juga sebagai tindak lanjut dari rapat pleno diperluas DPD Partai Golkar Lampung.

Yuhadi mengatakan, pelaksanaan Musda Berdasarkan Juklak 02/2020. Setelah melalui rapat, ditetapkan sebagai penanggungjawab Ketua DPD Golkar Bandarlampung Yuhadi, Ketua Penyelenggara Sabnu Ali. SC, Beny HN Mansyur, Ketua OC Jamhari.

Lebih lanjut Yuhadi mengatakan, Musda kali ini tidak sekedar Musda, tapi Musda benar-benar digelar secara demokratis dan terbuka untuk umum. Tapi, tetap mengacu kepada AD/ART Golkar. Selain itu, ada agenda besar selain Musda yaitu Pilkada Desember 2020. “Mengenai waktu tanggal 15 Juli usulan kita DPD Golkar Bandarlampung. Kalau disetujui, oleh DPD Golkar Lampung, maka Musda Golkar Bandarlampung bisa digelar sesuai usulan kita,” ujar Yuhadi.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD Golkar Lampung Rycko Menoza SZP mengatakan, semua pengurus dan kader harus mensukseskan agenda partai.

Bahwa Musda merupakan keputusan partai tertinggi karena itu harus disukseskan. Selain itu, ada agenda besar dibalik Musda yaitu Pilkada Bandarlampung. Rycko juga mengharapkan kader Partai Golkar terus berjuang sehingga dalam Pilkada nanti meraih kemenangan. Karena berpartai itu, mencapai kekuasaan. /Red-jarrakposjambi

Editor ; Seno

Continue Reading

Berita

TEC Kembali Silaturahmi Ke PCNU dan MWCNU Se-Lamsel

Published

on

By

LAMPUNG, WWW.JARRAKPOSJAMBI.COM | H. Tony Eka Candra (TEC) yang juga Mustasyar PWNU Lampung kembali menghadiri acara silaturahmi bersama Tokoh-Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Se-Lampung Selatan yang dipusatkan di Kecamatan Kalianda Kabupaten setempat, Rabu (1/7/2020).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris PWNU Lampung Drs. H. Aryanto Munawar, Mustasyar PCNU Lampung Selatan yakni KH. Hamim Fadhil, beserta KH. Tarmuji Almursyid, KH.Muhammad Sadeli, dan KH. Hasbullah Almursyid.

Foto ; Rec.dok/

Hadir juga Rais Syuriah PCNU Lampung Selatan Yakni KH. Ahmad Isomudin beserta KH. Imam Mas’ud Almursyid, KH. Endang Ahmad Arif, KH. Hasbullah dan Ketua Tanfidziyah PCNU Lampung Selatan KH. Nur Mahfudz beserta jajaran PCNU Lampung Selatan, serta hadir juga lengkap para Mustasyar, Rais Syuriah, dan Ketua Tanfidziyah MWCNU Kecamatan se-Kabupaten Lampung Selatan.

Dalam sambutannya Ketua Tanfidziyah PCNU Lampung Selatan KH. Nur Mahfudz mengatakan, pertemuan antara Pengurus PCNU Lampung Selatan dengan H. Tony Eka Candra yang juga Mustasyar PWNU Lampung merupakan pertemuan yang ketiga kalinya.

“Pertama di Kantor PCNU Lampung Selatan pasca mendaftarkan diri maju sebagai Bakal Calon Bupati Lampung Selatan, kemudian saat melaksanakan Reses DPRD Provinsi Lampung bersama Pengurus PCNU dan MWCNU Kecamatan Se-Lampung Selatan, dan pertemuan pada hari ini,” ujar Kyai Nur Mahfudz.

KH. Nur Mahfudz mengaku bangga dan bersyukur dalam Pilkada 2020 mendatang Keluarga Besar Nahdlatul Ulama yakni H. Tony Eka Candra (TEC) akan maju sebagai Calon Bupati Kabupaten Lampung Selatan.

“Alhamdulillah, ditengah tengah kita kembali hadir, Keluarga Besar Nahdlatul Ulama (NU) yang kini menjabat sebagai salah satu Mustasyar PWNU Lampung Bapak H. Tony Eka Candra (TEC), yang akan maju menjadi Calon Bupati Lampung Selatan 2020 mendatang. Sebagai Keluarga Besar NU tentunya kita patut bangga dan senantiasa bersyukur, bahwa ini adalah kewajiban kita semua untuk mendo’akan dan mendukung beliau (Tony. red) agar terpilih dan menjadi Bupati Lampung Selatan Periode 2021-2026 dalam rangka menjadikan Kabupaten Lampung Selatan sebagai Kabupaten yang maju, makmur dan sejahtera,” ucap KH. Nur Mahfudz.

Foto ; Rec.dok/

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris PWNU Provinsi Lampung Drs. H. Aryanto Munawar, dalam sambutannya menegaskan, tidak boleh ada keraguan bagi Keluarga Besar Nahdlatul Ulama (NU) untuk mendukung dan memilih H. Tony Eka Candra (TEC) sebagai Bupati Lampung Selatan kedepan.

“Beliau (Tony. red) adalah kader NU tulen, baik secara nasab, kultural maupun struktural. Secara struktural TEC berkali-kali menjadi Mustasyar PWNU Lampung, dan secara nasab dan kultural beliau adalah keturunan dari salah seorang pendiri NU yang berasal dari Pondok Pesantren Roudhotul Muttaqin Mojokerto Jawa Timur,” ujar Ary.

Mantan Anggota DPR-RI inipun berpesan, kepada Keluarga Besar Nahdlatul Ulama (NU) khususnya di Kabupaten Lampung Selatan untuk menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan, dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perjuangan TEC dalam rangka meneguhkan tekadnya menjadikan Kabupaten Lampung Selatan menjadi Kabupaten termaju di Provinsi Lampung.

Foto ; Rec.dok/

Sementara TEC menyambut hangat dan mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas undangan silaturahmi yang disampaikan Keluarga Besar Pengurus PCNU Lampung Selatan kepada dirinya yang akan maju menjadi Calon Bupati dalam Pilkada Lampung Selatan 2020 mendatang.

Foto ; Rec.dok/

Bakal Calon Bupati Lampung Selatan ini mengungkapkan, dengan adanya do’a dan dukungan dari Keluarga Besar Nahdlatul Ulama (NU) tersebut, memberikan kontribusi, motivasi dan semangat juang yang besar baginya untuk terus berikhtiar maju menjadi Bupati Lampung Selatan kedepan.

Foto; Rec.dok/

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya siap untuk menghibahkan waktu, pikiran dan tenaga, serta memberikan pengabdian terbaik untuk Kabupaten Lampung Selatan. Insya Allah apabila ini takdir saya terpilih pada Pilkada Kabupaten Lampung Selatan 9 Desember 2020 mendatang, bersama seluruh elemen masyarakat, saya bertekad menjadikan Kabupaten Lampung Selatan sebagai Kabupaten ‘termaju’ di Provinsi Lampung yang Aman, Maju, Mandiri, Sejahtera, Berkeadilan, Berdaya saing, dan Bermartabat,” pungkas TEC. /Redaksi-jarrakposjambi

Editor ; Seno

Continue Reading

Berita

JPKP Way Kanan Gelar Musyawarah Bulanan

Published

on

By

WAY KANAN, WWW.JARRAKPOSJAMBI.COM |Dewan pimpinan daerah (DPD) jaringan pendamping kebijakan pembangunan (JPKP) kabupaten Way Kanan mengadakan musyawarah kerja bulanan di Bukit Jambi Gunung Katun, Baradatu, Way Kanan, Rabu (1/7/2020).

Hadir dalam acara tersebut seluruh pengurus DPD dan dewan pimpinan cabang (DPC) dari 14 kecamatan se-Kab. Way Kanan.

Ketua DPD JPKP Way Kanan Hamdari dalam sambutan nya mengatakan, “terimakasih kepada semua pengurus DPC dan DPD se way kanan yang sudah hadir di acara tersebut, terimakasih beliau juga kepada tuan rumah PAC Baradatu yang sudah menyambut hangat dan ber susah payah menyiapkan acara tersebut”, ungkap Hamdari.

“Terimakasih juga kepada pengurus yang sudah melakukan pendampingan dan membantu masyarakat, sesuai motto JPKP ” mendampingi tanpa syarat “, terang Hamdari.

Sementara hasil dari MUSKER DPD dan DPC JPKP Way Kanan,

1. menghidupkan dan memajukan koperasi JPKP agar para anggota koperasi sejahtera

2. ikut membantu pemerintah membantu masyarakat di bidang sosial yaitu melalui program ‘kitabisa.com’ dan Indonesia peduli. /Redaksi-Jarrakposjambi

Editor ; Seno

Wartawan ; Robika

Continue Reading

Trending