Pidato Politik Nanang Ermanto Dikritisi Pengamat dan Akademisi – Jarrak POS
Connect with us

Berita

Pidato Politik Nanang Ermanto Dikritisi Pengamat dan Akademisi

Published

on

LAMPUNG SELATAN, WWW.JARRAKPOSJAMBI.COM || Berita mengenai pidato politik yang disampaikan Nanang Ermanto usai menerima surat rekomendasi dari Partai PDI-P, di acara tasyakuran, seperti dikutip dari berita media Lnews.co yang diterbitkan tanggal 25 Juli 2020 mendapat tanggapan dari pengamat dan akademisi.

Dalam berita tersebut mengungkapkan isi pidato Nanang Ermanto, bersumber dari video unggahan akun Facebook ‘sedulur Nanang Ermanto’.

Berikut petikan berita pidato Nanang Ermanto dilansir dari media Lnews.co, “Diawal pidatonya, di acara tasyakuran pasca menerima rekom PDIP tersebut, Nanang bertanya, “Sudah makan belum tadi?”, dan dijawab serentak oleh suara-suara yang kebanyakan perempuan dengan kata, “sudah-sudah”.

Saya terimakasih kepada Partai Nasdem, PDIP, ada juga disini partai Garuda, Partai Gelora, PPP, Insya Allah tanggal 9 Desember Nanang-Pandu memenangkan Pilkada. Saya minta kepada teman-teman jangan ada ragu lagi di hati. Apalagi ditengah-tengah kita ada bung Hendry, selesai persoalan Lampung Selatan. Lampung Selatan otaknya kita orang dua inilah, terbukti, kami berapakali menjadikan Bupati Lampung Selatan, tetapi kami ditinggal, ya terimakasih. Bung Hendry di Legislatif, saya di eksekutif. Selesai persoalan dunia, kerja kita masih panjang”, kata Nanang seperti dalam kutipan berita Lnews.co.

Pengamat Hukum, politik dan Keamanan Dr. Dewinta Pringodani, SH, MH, menyampaikan tanggapannya kepada awak media terkait pidato Nanang Ermanto tersebut mengenai peran dan tugas dari Pemerintah Pusat yaitu Menteri Dalam Negeri yang merupakan rangkaian sistem dan saling berkaitan dengan Pemerintah Daerah.

“Yang bersangkutan (Nanang Ermanto-red) sedang persiapkan diri dengan pasangannya itu untuk maju Pilkada, tetapi ingat seperti yang disampaikan Menteri Dalam Negeri Bp. Tito Karnavian, saya satu visi dengan beliau, kalau tidak becus tangani Covid-19 yang mana sekarang sudah menjangkit Masyarakat Indonesia secara keseluruhan 95 ribu orang lebih, maka masyarakat tidak akan memilihnya. Karena tidak patut untuk dipilih bila untuk menjaga kesehatan masyarakat yang memilihnya saja tidak becus”, kata Dr. Dewinta, Minggu (26/7/2020).

Selain itu, Dr. Dewinta juga menambahkan Pemerintah Daerah tidak akan mampu menjalankan fungsi perputaran ekonominya tanpa dukungan dari masyarakat.

“karena yang utama sekarang adalah seperti Pak Presiden Joko Widodo sampaikan setiap urusan yang utama adalah menjaga 267 juta jiwa masyarakat Indonesia terhadap kesehatannya, sebab tanpa masyarakat sebagai penggerak roda bisnis, bagaimana mau maju memulihkan pertumbuhan Perekonomian”, tandasnya.

Sementara hal senada disampaikan oleh akademisi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung, Darmawan Purba, S.IP, M.IP, bahwa Pemerintah Daerah dan masyarakat menjadi komponen yang harus saling bekerjasama dengan baik.

“Pembangunan Daerah sangat tergantung Political Will kepala daerah dan DPRD sehingga secara normatif dalam UU Pemda disebutkan Pemerintahan Daerah adalah Kepala Daerah dan DPRD, soal peran lembaga dan partisipasi masyarakat juga tergantung Will Pemerintahnya. Ada masyarakat yang aktif tapi Pemda gak dukung program, DPRD gak dukung perda ya gak jalan”, ungkap Darmawan.

Perlu diketahui, usai Kantor Bupati Lampung Selatan dan Kantor Dinas PUPR Lampung Selatan digeledah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan kasus suap yang berhubungan dengan proyek-proyek infrastruktur di Lampung Selatan, dan sebelumnya juga KPK sudah menetapkan beberapa tersangka dan perkaranya telah berkekuatan hukum tetap diantaranya Zainudin Hasan dan kawan-kawan. Kemudian KPK juga telah menetapkan sejumlah nama sebagai tersangka baru usai Penggeledahan Kantor Bupati Lamsel, Senin (13/7/2020).

KPK pun turut memeriksa Nanang Ermanto yang saat ini menjadi bupati Lamsel menggantikan Zainudin Hasan bersama sejumlah saksi lainnya.

Diberitakan sebelumnya, tercatat kontraktor dan nilai paket proyek pekerjaan yang diberikan berdasarkan keterangan Anjar Asmara.

1. Bobby Zulhaidir sebesar Rp. 79 miliar.
2. Gilang Ramadhan sebesar Rp. Rp miliar.
3. Nanang Ermanto sebesar Rp10 miliar.
4. Hendri Rosyadi sebesar Rp10 miliar.
5. Anggota DPRD Lampung Selatan sebesar Rp. 18 miliar.
6. Cik Ali sebesar Rp. 21 miliar.
7. Rusman Efendi sebesar Rp. 10 miliar.
8. Wahyu Lesmono sebesar Rp. 7,5 miliar.
9. Ustd. Burhan sebesar Rp. 2 miliar.
10. Barlin sebesar Rp. 3 miliar.
11. Iskandar sebesar Rp. 10 miliar.
12. Ardy Gunawan sebesar Rp. 27 miliar.
13. Ibrahim sebesar Rp. 5 miliar.
14. Saiful Jarok sebesar Rp. 4 miliar.
15. Iril sebesar Rp. 2 miliar.
16. Saripudin sebesar Rp. 1,5 miliar.
17. Herwan sebesar Rp. 2 miliar.
18. Afakadis sebesar Rp. 1 miliar.
19. Edy sebesar Rp. 700 juta.
20. Mastur sebesar Rp. 500 juta.
21. Agusng sebesar Rp. 1 miliar.
22. Boy sebesar Rp. 1 miliar.
23. Ray sebesar Rp. 1 miliar.
24. Rudi Topan sebesar Rp. 1 miliar.
25. Harus sebesar Rp. 500 juta.
26. Wawan sebesar Rp. 500 juta.
27. Ansor sebesar Rp. 700 juta.
28. Firman sebesar Rp. 1 miliar.
29. Fikri sebesar Rp. 1 miliar.
30. Ruslando sebesar Rp. 700 juta.
31. Pipin sebesar Rp. 2 miliar.
32. Rahman sebesar Rp. 500 juta.
33. Beberapa LSM sebesar Rp. 3,7 miliar.
34. Hartawan sebesar Rp. 1,5 miliar.

Kemudian melalui rapat monitoring dan evaluasi (Monev) KPK dengan Pemda Lampung Selatan, terungkap sejumlah catatan untuk Pemerintah Daerah (Pemda) Lamsel melalui Kepala Satuan tugas (satgas) koordinasi pencegahan Wilayah IV KPK, Nana Mulyana, Kamis (16/7/2020).

Berdasarkan hasil capaian Monitoring Center for Prevention (MCP), KPK melihat hasil review saat ini nilai keseluruhan baru mencapai 26,8% dan ada indikator yang bahkan belum terisi sama sekali, maka ini perlu menjadi perhatian Pemda Lampung Selatan.

Capaian untuk indikator perencanaan dan penganggaran tahun ini, KPK menilai, relatif baik karena sudah menggunakan aplikasi dan nilai SAKIP sudah B. Namun, terkait Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) masih banyak yang perlu ditingkatkan.

“Walaupun sudah ada Peraturan Kepala Daerah yang memuat kode etik dan sanksi, namun belum terdapat review perencanaan dan review HPS 10 proyek strategis, serta belum menyebutkan rencana audit IT,” kata Nana.

Selain itu, KPK juga mengingatkan untuk indikator Aparat Pengawasan Intern Pemerintah baru diisi 1 sub-indikator yang menunjukkan kecilnya proporsi anggaran yaitu hanya 0,1%. Sementara, menurut permendagri dengan APBD Rp1,98 Triliiun harusnya 0,75%.

Catatan KPK lainnya adalah terkait pendapatan asli daerah (PAD) kab. Lampung Selatan yang masih di bawah target. Per Juni 2020 baru tercapai 21%. Sementara, terkait piutang pajak, per 30 April sebesar Rp67,1 M dengan nilai piutang terbesar atas PBB-P2 yakni Rp56,1 Miliar.

Demikian juga dengan piutang pajak parkir bandara sebesar Rp2,6 Miliar. KPK menyoroti lambatnya proses penagihan piutang. Sudah 5 kali pemda bersurat resmi, namun hingga saat ini belum ada pembayaran dari pihak manajemen parkir bandara.

Sedangkan terkait aset, KPK menilai anggaran sertifikasi pemkab Lampung Selatan untuk tahun 2020 ini yaitu senilai Rp157 juta, masih tergolong kecil mengingat masih terdapat 528 bidang lagi yang belum bersertifikat.

Catatan dalam monev tersebut, KPK meminta pemda segera berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri untuk proses penagihan yang masih terkendala karena hal tersebut sudah menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). KPK juga meminta Inspektorat untuk mengawal pengaduan distribusi bansos Covid-19 yang masuk melalui aplikasi Jaga.id. Saat ini telah ada 10 pengaduan yang telah ditindaklanjuti oleh inspektorat. Di antaranya terkait bansos yang tidak diterima secara utuh oleh warga.

Redaksi

Sumber ; Lnews.co/ Humas KPK

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

Tanamkan Soliditas dan Loyalitas, AMPG Lampung Gelar Family Gathering 2020

Published

on

By

LAMPUNG, WWW.JARRAKPOSJAMBI.com || Pimpinan Daerah (PD) Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Lampung, menggelar Family Gathering (Famgath) dan Outbound di Grand Elty Krakatoa, Kalianda Kabupaten Lampung Selatan, Minggu (2/8/2020).

Kegiatan diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ke-75 Tahun bertepatan pada tanggal 17 Agustus 2020 dengan tema, ” dalam Kerangka kebersamaan dan memperkokoh silaturahmi menuju AMPG yang kuat, tangguh serta solid” yang diikuti sekitar 150-an pengurus PD AMPG Provinsi Lampung dengan mengenakan seragam lengkap.

Foto ; Rec.dok

Hadir dalam kesempatan tersebut ketua PD AMPG Provinsi Lampung H. Aprozi Alam, SE, MM, turut mendampingi jajaran wakil ketua PD AMPG Lampung diantaranya Dr. H. Frans Agung Mula Putra, Diana Wulandari, Eka Fitriyanti, SE, Decki Apriyadi, M.Fadil, S.Kom, Reri Pambudi, Bendahara AMPG Rama Apriditya Alie, SH, MH, dan pengurus AMPG lainnya.

Dalam laporannya, ketua panitia pelaksana Decky Apriyadi mengatakan, kegiatan Famgath diselenggarakan selain menyambut HUT kemerdekaan NKRI ke-75 tahun, untuk mempererat ikatan silaturahmi antar pengurus dan menanamkan jiwa soliditas, loyalitas dan kebersamaan.

“Famgath dan outbound AMPG Lampung 2020 diselenggarakan untuk menyongsong 17 Agustus 2020 yang diperingati sebagai hari kemerdekaan Indonesia, dan juga mempererat silaturahmi sesama pengurus PD AMPG Provinsi Lampung, harapannya AMPG sebagai organisasi dapat menjadi alat pemersatu dan alat mencapai tujuan bersama, sehingga program kerja AMPG Lampung kedepan dapat ditunaikan secara bergotong royong”, kata Decky.

Foto ; Rec.dok

Selain itu Decky juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua AMPG Lampung yang telah memberikan kepercayaan dan membantu berjalannya acara Famgath.

“Suksesnya acara Famgath dan outbound ini tentunya tidak terlepas dari dukungan ketua AMPG Lampung yakni H. Aprozi Alam, SE,MM, selain itu panitia pelaksana yang sudah bahu-membahu mempersiapkan acara, atas nama panitia saya ucapkan terimakasih”, ungkap Decky.

Sementara dalam sambutannya ketua PD AMPG Lampung H. Aprozi Alam menekankan bahwa dengan terlaksananya acara Famgath tersebut akan dapat memupuk jiwa nasionalis dan kebangsaan kader-kader muda Partai Golkar, sehingga siap berjuang ditengah-tengah masyarakat demi kepentingan Bangsa dan Negara.

“AMPG sebagai organisasi sayap partai Golkar harus mampu mencetak kader-kader muda Partai Golkar yang memiliki semangat juang, Nasionalis dan Kebangsaan yang tinggi, sehingga selalu siap berjuang ditengah-tengah masyarakat demi cita-cita luhur Bangsa dan Negara yaitu mencerdaskan, memakmurkan dan mensejahterakan kehidupan masyarakat Indonesia. selain itu mampu membangun solidaritas, kesiapan dan kebersamaan seluruh pengurus dan anggota dalam menjalankan tugasnya demi mengabdi bagi kepentingan orgnasisi, karena AMPG merupakan sayap Partai Golkar tentunya AMPG sebagai garda terdepan pembela Partai Golkar”, tandas Aprozi Alam.

Aprozi Alam yang juga Wakil Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga DPD Partai Golkar Lampung, menyampaikan ucapan terimakasih dan bangga terhadap segenap jajaran dewan Pembina AMPG Lampung yaitu Ir. H. Arinal Djunaidi sebagai ketua DPD Partai Golkar Provinsi Lampung, H. Ismet Roni, SH, MH sebagai Sekretaris DPD Partai Golkar Provinsi Lampung, H. Supriadi Hamzah, SH, H.Tony Eka Candra, Drs. I Made Bagiasa dan H. Abi Hasan Muan, SH, MH, serta jajaran Dewan Pertimbangan AMPG Lampung yang telah melakukan pembinaan kepada segenap Pengurus AMPG Lampung.

“Pengurus AMPG Lampung merupakan kader muda dengan berbagai latar belakang dan asal usul, baik profesi, usia, suku maupun agama menjadi potensi kekuatan yang besar apabila diarahkan untuk melakukan pencapaian bersama secara positif, karena organisasi sebagai alat pemersatu dan alat mencapai tujuan bersama. Kemudian dalam menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020, AMPG akan selalu siap mengawal dan mengamankan kebijakan-kebijakan Partai Golkar, demi suksesnya Partai Golkar berjuang untuk kepentingan Masyarakat, Bangsa dan Negara”, tutup Aprozi.

Foto ; Rec.dok

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam rangka upaya mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) acara Famgath dan Outbound AMPG Lampung 2020 berjalan sederhana namun meriah dengan berbagai perlombaan dan hadiah berupa doorprize diantaranya lomba balap karung, lomba memasukan paku ke botol, lomba joget mengenakan balon, lomba futsal mengenakan daster, lomba kano dan lomba lainnya.

Redaksi-Seno

Continue Reading

Berita

AMPG Lampung Besok Akan Buka Acara Famgath dan Outbound di Grand Elty Krakatoa Kalianda

Published

on

By

LAMPUNG, WWW.JARRAKPOSJAMBI.com || Pimpinan Daerah (PD) I Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Provinsi Lampung yang merupakan sayap dari Partai Golkar menjadi unsur terdepan sebagai tempat proses kader-kader muda Partai Golkar yang diketuai oleh H. Aprozi Alam, SE, MM, terus melakukan agenda dan aktivitas organisasinya usai sukses mengawal sejumlah agenda Musda di Partai Golkar Kabupaten/Kota se-Lampung.

Kali ini PD I AMPG Provinsi Lampung akan menyelenggarakan family Gathering (Famgath) dan outbound AMPG Provinsi Lampung 2020 yang dipusatkan di Grand Elty Krakatoa, Kalianda, Lampung Selatan tepatnya Hari Minggu (besok), 2 Agustus 2020.

Kegiatan Famgath dan outbound AMPG Provinsi Lampung 2020 tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ke-75 Tahun bertepatan pada tanggal 17 Agustus 2020. Sebanyak 150 pengurus PD I AMPG Provinsi Lampung akan turut serta dalam acara tersebut dengan mengenakan seragam lengkap.

Foto ; suasana di Grand Elty Krakatoa Kalianda, Lampung Selatan

Menurut ketua panitia pelaksana Decky, acara tersebut selain dalam rangka menyambut 17 Agustus 2020 yang diperingati sebagai hari kemerdekaan NKRI, tentunya untuk mempererat ikatan silaturahmi antar pengurus dan menanamkan jiwa soliditas, loyalitas, kesiapan dan kebersamaan seluruh pengurus dan anggota dalam menjalankan tugasnya untuk dapat mengabdi bagi kepentingan bersama.

“Famgath dan outbound AMPG Lampung 2020 ini diselenggarakan untuk menyongsong 17 Agustus 2020 yang diperingati sebagai hari Kemerdekaan Indonesia, dan juga mempererat silaturahmi sesama pengurus PD I AMPG Provinsi Lampung, harapannya AMPG sebagai organisasi dapat menjadi alat pemersatu dan alat untuk mencapai tujuan bersama, tentunya membutuhkan soliditas, loyalitas, kesiapan dan kebersamaan seluruh pengurus dan anggota dalam menjalankan tugasnya untuk dapat mengabdi bagi kepentingan bersama, sehingga anggota AMPG mewarisi jiwa, semangat, nilai dan cita-cita Partai Golkar”, kata Decky, Sabtu (1/8/2020).

Foto ; ilustrasi di Grand ELTY Krakatoa Kalianda, Lampung Selatan

Acara Famgath dan outbound AMPG Provinsi Lampung 2020 yang rencananya akan dibuka langsung oleh ketua PD I AMPG Provinsi Lampung H. Aprozi Alam, SE, MM, juga akan dimeriahkan sejumlah perlombaan dan hadiah Doorprize diantaranya lomba balap karung, lomba memasukan paku ke botol, lomba joget mengenakan balon, lomba futsal mengenakan daster, lomba kano dan masih banyak lomba lainnya.

Sementara dalam rangka upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) panitia pelaksana Famgath dan Outbound AMPG Lampung 2020 akan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan jalannya acara tersebut.

Redaksi-Seno

Continue Reading

Berita

Hari Raya Idul Adha, Andi Surya Qurban 3 Ekor Sapi

Published

on

By

BANDAR LAMPUNG, WWW.JARRAKPOSJAMBI.COM |Ketua Yayasan UMITRA dan Sekolah Global Surya, Andi Surya, dalam perayaan Idul Adha kali ini menyerahkan hewan Qurban sejumlah tiga ekor, demikian disebutkan Agus Setiyo, Humas UMITRA dan GS.

“Tahun ini beliau, Pak Andi Surya berkurban 3 ekor sapi, yaitu satu di Kampus UMITRA, satu di Masjid Nurul Huda Langkapura, dan lainnya di Kota Metro. Khusus yang di Metro pemotongan Sapi Kurban tetap di UMITRA namun setelah dipotong dagingnya disebar di Kota Metro”, demikian penjelasan Agus Setiyo.

Foto ; Rec.dok

Dalam kesempatan yang sama, Andi Surya menyatakan: “Rata-rata setiap tahun keluarga kami memotong tiga ekor sapi kurban, ini merupakan kebiasaan pelaksanaan ibadah keluarga yang merupakan perintah Allah SWT dan menauladani keikhlasan Nabi Ibrahim, daging kurban akan dibagikan kepada tetangga dan yang membutuhkan”, Sebut Bakal Calon Walikota Metro ini.

“Mohon doa kita semua, dalam suasana Covid19 ini acara pemotongan hewan Qurban khususnya di UMITRA, di Kota Metro dan di kediaman kami berlangsung lancar”, tutup mantan Anggota DPRD Lampung dan DPD RI ini sambil tersenyum.

Redaksi-Seno

Continue Reading

Trending